Logo Saibumi

Bandar Lampung Meraih 4 Penghargaan APPI Kemenparekraf 2024

Bandar Lampung Meraih 4 Penghargaan APPI Kemenparekraf 2024

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Kota dengan julukan tapis berseri ini meraih empat kategori penghargaan dalam ajang Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2024 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahudin Uno kepada Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana di Jakarta pada Senin, (09/09/2024).

Pemkot Bandar Lampung menerima penghargaan pada program Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI), melalui kompetisi Lomba Video Kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) antar Dinas Pariwisata daerah se-Indonesia.

BACA JUGA: Bayana Resmi Dilantik Sebagai Pj Sekda Tulangbawang Barat

Dalam 4 Kategori Tema Destinasi Wisata : juara 3, Tema Kuliner : juara 5, Tema Seni dan budaya : juara 7, Tema Even Daerah : juara 10. Atas raihan penghargaan tersebut, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana, mengapresiasi penghargaan APPI 2024 yang diserahkan langsung oleh Menparekraf RI Sandiaga Uno.

"Alhamdulilah, Pemerintah Kota Bandar Lampung meraih empat penghargaan di malam APPI 2024 yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Walikota Eva Dwiana.

Menurut dia, kolaborasi dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi penting agar kunjungan di Kota Bandar Lampung terus meningkat. 

Sebelumnya juga, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana telah lebih dulu menerima penghargaan bergengsi : Satyalancana Wira Karya, di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki, pada puncak peringatan Hari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Nasional.

Sementara di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandarlampung, Adiansyah mengatakan bahwa, pada penghargaan video dengan tema destinasi wisata Pemkot Bandarlampung meraih peringkat ketiga.

Kemudian, lanjut Adiansyah, tema kuliner peringkat kelima, seni budaya peringkat ketujuh dan event daerah peringkat 10.

"Untuk destinasi wisata kami menampilkan berbagai wisata di kota ini seperti Lembah Hijau, Puncak Mas, Bukit Aslan dan Pantai Tiska. Kalau kuliner ada video Seruit Lampung dan untuk seni budaya kami tampilkan video-video kebudayaan yang ada di kota, dan terakhir untuk event daerah kami tampilkan karnaval-karnaval yang ada," kata dia.

Selanjutnya, Adiansyah pun berharap juga, dengan Kota Bandarlampung yang meraih berbagai penghargaan di bidang pariwisata ke depan akan banyak kunjungan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara ke daerah itu. "Terlebih memang akomodasi di kota ini sudah representatif untuk menuju lokasi wisata," ujarnya.

Meski demikian, Ia juga meminta kepada para pemilik wisata agar mereka dapat membenahi fasilitas yang ada di lokasi wisata mereka.

"Kemudian juga kami minta kebersihan dan ramah tamah di lokasi wisata ditingkatkan sehingga memberikan kenyamanan pengunjung," pintanya. (***)

BACA JUGA: Bayana Resmi Dilantik Sebagai Pj Sekda Tulangbawang Barat

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA