Logo Saibumi

Sentra Gakkumdu Pesibar Resmi Diluncurkan: Siap Awasi Pilkada Serentak 2024

Sentra Gakkumdu Pesibar Resmi Diluncurkan: Siap Awasi Pilkada Serentak 2024

Saibumi.com (SMSI), Pesisir Barat - Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) secara resmi diluncurkan di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) sebagai persiapan menjelang Pilkada Serentak 2024.

Peluncuran ini dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk unsur Bawaslu Provinsi Lampung, Kepolisian Daerah (Polda) Lampung, serta perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat.

Keberadaan Sentra Gakkumdu tidak hanya memberikan keadilan dalam menangani pelanggaran tindak pidana selama Pemilu, tetapi juga berfungsi untuk monitoring dan evaluasi pelanggaran dengan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

BACA JUGA: Jalin Sinergitas PW IWO Lampung dan Rektor Unila Bahas Potensi Kolaborasi di Era Digital

Pemukulan alat Musil Cetik Lampung secara bersama-sama, menandai resminya operasional Gakkumdu dalam pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Pesisir Barat.

Anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Gistiawan, mengatakan bahwa, dukungan dari semua pihak sangat penting untuk mensukseskan Pilkada serentak 2024 di Provinsi Lampung.

"Kami berharap peluncuran Gakkumdu di Pesisir Barat menjadi contoh bagi 14 kabupaten/kota lainnya di Provinsi Lampung. Dukungan dari semua pihak sangat penting untuk mensukseskan Pilkada 2024, terutama agar ASN di Pesibar menjaga netralitasnya sebagai abdi negara," kata Gistiawan.

Dia juga menekankan, pentingnya mencegah potensi pelanggaran yang mungkin terjadi dalam Pilkada 2024 di Lampung. "Gakkumdu diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses pemilihan, serta mencegah potensi pelanggaran yang mungkin terjadi." tegasnya.

Sementara, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik, juga memberikan perhatian pada potensi pelanggaran pidana yang mungkin muncul selama tahapan Pilkada 2024.

"Kami akan terus memantau dan memastikan bahwa proses Pilkada berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, serta menanggulangi segala bentuk pelanggaran yang mungkin terjadi di Pesisir Barat," ujarnya.

BACA JUGA: Jalin Sinergitas PW IWO Lampung dan Rektor Unila Bahas Potensi Kolaborasi di Era Digital

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA