Logo Saibumi

FISIP Siapkan PKKMB Sambut 1.200 Maba 2024

FISIP Siapkan PKKMB Sambut 1.200 Maba 2024

Saibumi.com (SMSI) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menggelar rapat persiapan Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2024 di Working Space Universitas Lampung (Unila).

Rapat yang dihadiri Wakil Dekan Mahasiswa dan Kerja Sama Dr. Robi Cahyadi Kurniawan, S.IP., M.A., Panitia PKKMB serta Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan ormawa (organisasi mahasiswa)

Rapat bertujuan untuk mempersiapkan agenda penyambutan kepada 1.200 mahasiswa baru (maba) dalam gelaran PKKMB FISIP yang dilaksanakan selama dua hari, Rabu dan Kamis, 19-20 Agustus 2024.

BACA JUGA: Unila Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum RI

PKKMB tahun ini mengusung tema Nusantara sebagai upaya menciptakan atmosfer yang tidak memandang perbedaan suku, program studi, dan ormawa, serta mengusung tageline “Nawa-satu” yang memiliki filosofi sansekerta yaitu, Nawa yang berarti sembilan melambangkan sembilan prodi di FISIP dan satu, yang berarti memiliki satu visi sama. Satu jiwa satu Nusantara.

Dalam persiapan PKKMB dibentuk kepanitiaan sebanyak 130 panitia yang merupakan perwakilan dari sembilan HMJ program studi.

Dr. Roby menargetkan untuk meraih prestasi kembali dalam pelaksanaan PKKMB tahun 2024. Pada tahun 2023 lalu, FISIP berhasil meraih peringkat ketiga dalam pelaksanaan PKKMB terbaik se-Unila.

“Tahun ini, target kami meraih prestasi yang sama, minimal juara tiga, bahkan kalau bisa, bisa masuk ke juara pertama,” ujarnya.

Roby menjelaskan, PKKMB mencakup beberapa aspek penting. Pada hari pertama, fokus utama adalah pada sisi akademis. Mahasiswa diberikan materi tentang kebangsaan, ke-Indonesiaan, motivasi mahasiswa, peran dan tanggung jawab mahasiswa, serta peluang masa depan untuk meraih cita-cita mereka.

Pada hari kedua, program beralih kepada pengenalan kampus dan organisasi kemahasiswaan. FISIP Unila yang memiliki 17 ormawa, meliputi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), HMJ, Himpunan Mahasiswa Diploma (HMD), dan unit kegiatan mahasiswa lainnya.

“Mahasiswa diharapkan bisa memahami dari sisi akademis, perkuliahan, serta non-akademis seperti keaktifan dalam ormawa. Kami juga berfokus pada bagaimana membuat mahasiswa termotivasi agar terus berkarya selama kuliah dan setelahnya,” tambahnya.

Selain itu, Ketua Panitia PKKMB, Ervianda Dwijaya Putra juga memaparkan persiapan teknis yang telah dilakukan panitia. Ia mengungkapkan, sejauh ini panitia sudah menyusun proposal rencana anggaran biaya (RAB) dan konsep acara yang akan disuguhkan.

“Saat ini, persiapan teknis masih dalam tahap penyusunan proposal RAB dan konsep acara yang akan kita hadirkan di PKKMB nanti,” ujarnya.

Dengan persiapan matang, FISIP berharap PKKMB tahun ini dapat menjadi pengalaman berkesan bagi mahasiswa baru dan memotivasi mereka untuk berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik. 

BACA JUGA: Unila Tanda Tangani Nota Kesepahaman dengan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum RI

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA