Logo Saibumi

Gham Berkain Akan Gelar PESTRARIA 28 Oktober 2023

Gham Berkain Akan Gelar PESTRARIA 28 Oktober 2023

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Komunitas Gham Berkain akan menggelar festival wastra bertajuk PESTRARIA (Pesta Wastra Sukaria) pada Sabtu, 28 Oktober 2023 di Taman Santap Rumah Kayu, Bandar Lampung.

 

Penggagas acara, Rissana Innisa menerangkan, acara ini mengusung tema "Pemuda Berbudaya Untuk Indonesia Maju" dan bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan kepada generasi muda.

BACA JUGA: Suka Cita Umat Atas Tahbisan Imamat Keuskupan Tanjungkarang

 

"Kami ingin mengajak generasi muda untuk mencintai dan melestarikan budaya daerah, khususnya budaya tradisional, seni, dan budaya," ujar Rissana Innisa dalam jumpa pers yang diadakan di El's Coffee Roastery, Rabu, (18/10/2023) sore.

 

Rissana menjelaskan Festival Wastra Bersukaria ini akan diisi dengan berbagai kegiatan yang sesuai dengan selera anak muda.

 

"Kami akan menyelenggarakan talkshow interaktif bersama penggiat kebudayaan lokal dan nasional, bimbingan dan tutorial kain, pentas musik, fashion show, bazar dan penampilan UMKM.

 

"Talkshow interaktif akan membahas berbagai tema terkait kebudayaan, seperti sejarah, filosofi, dan perkembangan budaya. Bimbingan dan tutorial kain akan mengajarkan peserta cara mengenakan kain tradisional Lampung dengan gaya modern."

 

Pentas musik akan menampilkan berbagai genre musik, mulai dari tradisional hingga modern. Fashion show akan menampilkan koleksi busana yang menggunakan kain tradisional Lampung.

 

Bazar dan penampilan UMKM akan menampilkan berbagai produk kerajinan dan kuliner tradisional Lampung.

 

Acara PESTRARIA akan dimulai pukul 13.00 WIB dan akan dimeriahkan oleh sendratari bertajuk Keajaiban Tupping 12 Sekuel ke-2 kisah Radin Intan II. Sendratari ini akan menceritakan kisah Radin Intan II, salah satu pahlawan nasional dari Lampung.

 

"Bagi yang ingin mengikukuti bimbingan busana dan membeli tiket masuk, bisa melalui akun Instagram @Gham.Berkain." kata wanita yang akrab dipanggil Ica.

 

Rissana berharap, festival ini dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengenal dan mencintai budaya daerah.

 

"Kami ingin generasi muda bangga dengan budaya daerahnya dan ikut serta dalam upaya pelestarian budaya," pungkasnya.

 

Tentang Gham Berkain

 

Gham Berkain adalah komunitas yang berfokus pada pengembangan dan pemanfaatan wastra Lampung. Komunitas ini didirikan pada tahun 2021 oleh Rissana Innisa dan beberapa teman-temannya.

 

Gham Berkain telah mengadakan berbagai kegiatan, antara lain: workshop pembuatan kain, seminar tentang wastra Lampung, pameran wastra Lampung.

 

Gham Berkain berharap dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengenal dan mencintai wastra Lampung. (*)

BACA JUGA: Suka Cita Umat Atas Tahbisan Imamat Keuskupan Tanjungkarang

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA